Thursday, October 17, 2019

Ringkasan Penulisan Ilmiah


Nama : Muhammad Chaerul Hafiz
Kelas : 4IA12
NPM : 54416758

Assalamualaikum pada artikel ini saya akan membahas ringkasan dari penulisan ilmiah saya yang sudah selesai disidangkan pada tanggal 26 agustus 2019
Pada penulisan ilmiah saya berjudul Aplikasi penjualan tanaman hias dengan flutter dan mysql berbasis android dan telah dibimbing oleh bapak Onggo Wiryawan MSi. saat membuat aplikasi penjualan tanaman hias saya memakai berbagai macam software atau tools sebagai berikut:

1.    Android studio
2.    Visual studio code
3.    Xampp
4.    Flutter
5.    Mysql

Pada software android studio saya gunakan hanya untuk membuat suatu emulator android pada avd manager. Jadi saya bisa mengoding sekaligus melihat hasilnya menggunakan emulator android.



Pada software visual studio saya gunakan untuk mengoding program aplikasi serta menghubungkan aplikasi dengan database. Untuk menghubungkanya saya menggunakan metode Restful Api dengan menggunakan Bahasa pemrograman php.
                                
Untuk database saya memakai mysql yang sudah terinclude pada software xampp. Saya menggunakan phpMyAdmin untuk mengkonfigurasi database aplikasi saya.
                              

Untuk membuat aplikasi android saya menggunakan flutter. Flutter adalah suatu sdk untuk pengembangan aplikasi mobile yang dikembangkan oleh google. flutter ini menggunakan Bahasa pemrograman dart.
Metode yang saya gunakan untuk menyelesaikan penulisan ilmiah saya yaitu
1.  Pengumpulan dan Analisis Data
  Pengumpulan data pada penulisan ilmiah ini menggunakan metode studi pustaka yang dilakukan dengan cara mengumpulkan materi-materi berdasarkan refrensi seperti buku ataupun jurnal budidaya tanaman hias dan mencari materi dari berbagai simulasi dari internet mengenai perancangan untuk menunjang pembuatan aplikasi penjualan tanaman hias.
2.  Perancangan
  Pada tahap perancangan dibuat rancangan tampilan dan halaman-halaman pada aplikasi yang dibuat dengan menggunakan struktur navigasi, use case diagram, rancangan database dan selanjutnya dibuat proses pemprograman.
3.  Implementasi
  Pada tahap ini dilakukan dengan mengimplementasikan ke dalam sebuah software yang telah dipilih yaitu Visual Studio Code.
4.  Uji Coba
  Pada tahap uji coba dilakukan penginstalan aplikasi ke perangkat mobile berbasis android dan mencoba menjalankan aplikasi apakah dapat berjalan tanpa adanya masalah dan sesuai yang diharapkan.
Kelebihan aplikasi  yang saya buat yaitu Aplikasi telah berhasil dirancang dengan baik sebagai media penjualan tanaman hias indoor, tanaman hias outdoor. Tidak hanya media penjualan tanaman hias saja, aplikasi ini juga dapat menjual produk perlengkapan tanaman. Selain itu aplikasi ini bisa menambahkan produk yang akan dijual sesuai dengan kategori penjualan. lalu pada masing-masing produk memiliki deskripsi dan tampilan gambar tanaman hias yang menarik. Untuk kekurangan aplikasi yang saya buat yaitu Aplikasi tidak berjalan dengan baik pada smartphone dengan ukuran layar lebih dari 5,0 inci yang akan membuat tampilan layout tidak rapi.
Pada penulisan ilmiah yang saya buat termasuk cepat dalam proses pengerjaan dan penyelesaianya. Tetapi untuk menuju sidang penulisan ilmiah nya tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat juga dikarenakan dosen pembimbing saya ada keperluan lain. Sehingga tidak dapat bertemu.
Aplikasi yang telah saya buat memilki dua tampilan yang berbeda didalam satu aplikasi. Jika user atau costumer memasukan akunya maka akan menampilkan halaman user sedangkan jika admin atau penjual memasukan akunya maka akan menampilkan halaman Admin. Dimana aplikasi sudah bisa menambahkan tanaman baru yang akan dijual. Untuk menambahkan tanaman di layar
Pada halaman user menampilkan tanaman tanaman apa saja yang dijual sesuai dengan kategori, keranjang, detail produk, favorite tanaman, search tanaman dan masih banyak lagi.
Sedangkan pada halaman admin menampilkan  tanaman yang dijual, penambahan tanaman yang akan dijual, data pemesanan, bukti pembayaran dan masih banyak lagi.
Pada aplikasi saya sudah memenuhi salah satu jenis bisnis informatika yang berjenis e-commerce. Tetapi memang belum sempurna seperti yang sudah banyak beredar seperti tokopedia, bukalapak, shopee dan lainya.
Tidak seperti e-commerce lainya yang menjual berbagai barang seperti smartphone, baju, alat rumah tangga dan lain lainya. Aplikasi yang telah saya buat hanya berfokus untuk menjual tanaman hias indoor maupun outdoor.
Berikut adalah tampilan dari aplikasi penjualan tanaman hias menggunakan flutter dan mysql berbasis android:
























Share:

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Welcome To My blog | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com