Nama : Muhammad Chaerul Hafiz
Kelas : 4IA12
NPM : 54416758
Dalam kehidupan sehari-hari sudah tidak
asing lagi bagi kita dengan penyebutan istilah bisnis atau berbisnis.
Kata bisnis berasal dari bahasa Inggris yaitu busy yang berarti sibuk. Kata
busy pada bahasa inggris lama yakni bisignis yang artinya keadaan dimana seseorang
sibuk “state of being busy“. Sedangkan secara etimologi, bisnis yaitu keadaan
dimana individu atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang dapat
menghasilkan laba atau keuntungan.
Kata “bisnis” memiliki tiga penggunaan, yakni penggunaan singular yang merujuk
pada badan usaha, yakni kesatuan yuridis dan ekonomis yang tujuannya mencari
keuntungan. Penggunaan yang lebih luas merujuk pada sektor pasar tertentu,
contohnya bisnis pertanian. Penggunaan paling luas merujuk kepada seluruh
kegiatan yang dilaksanakan oleh suatu komunitas.
Definisi bisnis yang tepat dan diakui kebenarannya masih menjadi bahan
perdebatan hingga kini. Berdasarkan ilmu ekonomi, bisnis ialah suatu organisasi
yang menjual jasa atau barang kepada pembeli atau konsumen ataupun bisnis
lainnya, untuk memperoleh laba. Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan lebih
luas pengertian bisnis menurut para ahli.
Di bawah ini
beberapa pengertian bisnis menurut para ahli:
1. Prof.Owen
Bisnis ialah suatu perusahaan
yang berkaitan dengan produksi dan distribusi barang untuk dijual kembali ke
pasaratau memberikan harga dalam setiap barang ataupun jasa.
2. Urwick
dan Hunt
Bisnis ialah setiap perusahan
yang memproduksi dan mendistribusikan serta menyediakan barang atau jasa yang
diperlukan masyarakat dan atas dasar kesediaannya dalam membeli atau membayar.
3. Mc.
Naughton
Bisnis merupakan suatu
pertukaran barang, jasa ataupun uang dengan tujuan memperoleh keuntungan.
2. Definisi Umum Teknologi
informasi dan komunikasi
TIK adalah singkatan dari Teknologi Informasi Dan
Komunikasi atau jika dalam bahasa Inggris ‘Information and Communication
Technologies’, jika di singkat ‘ICT’ dapat di artikan sebagai payung besar
terminologi yang mencakup semua peralatan teknis untuk memproses dan
menyampaikan Informasi. Itulah secara singkat mengenai pengertian teknologi
informasi dan komunikasi.
Kata teknologi yaitu berasal dari bahasa Yunani
“technologia”, atau “techne” yang memiliki arti “keahlian” dan juga “logia”
yang artinya “pengetahuan”. Dalam pengertian yang sempit dapat di artikan
teknologi adalah merupakan suatu yang mengacu pada objek benda yang digunakan
untuk kemudahan aktivitas manusia, misalnya seperti mesin, perkakas, perangkat
keras, dan lain-lain.
TIK mencakup 2
(dua) aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi, di bawah ini
adalah penjelasannya:
1. Teknologi
informasi diantaranya meliputi segala hal-hal yang berkaitan dengan proses,
penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan juga pengelolaan informasi.
2. Teknologi
komunikasi adalah segala sesuatu atau hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan
alat bantu untuk memproses serta mentransfer data dari perangkat yang satu ke
perangkat yang lainnya.
Dari dua definisi sederhana di atas tadi tampak
bahwa teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah 2 (dua) buah konsep
yang tidak terpisahkan. Oleh karena itu, TIK mengandung pengertian luas yaitu
segala atau semua kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi,
pengelolaan dan juga pemindahan informasi antar media yang satu ke media yang
lainnya.
Di bawah ini
beberapa pengertian Teknologi Informasi dan komunikasi menurut para ahli:
1. Eric
Deeson
Teknologi informasi &
Komunikasi adalah kebutuhan manusia didalam mengambil & memindahkan ,
mengolah & memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri
sendiri dan masyarakat secara keseluruhan.
2. Susanto
Teknologi Informasi
& Komunikasi adalah sebuah media atau alat bantu yang digunakan untuk
transfer data baik itu untuk memperoleh suatu data atau informasi maupun
memberikan informasi kepada orang lain serta dapat digunakan untuk alat
berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah.
3. Definisi Umum Bisnis
Informatika
Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang
dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan
tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi
informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang
berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet. Bisnis informatika
berkembang dengan pesat akhir – akhir ini seiring dengan berkembang pesatnya
pula teknologi informasi. Karena Bisnis Informatika muncul karena adanya
peluang yang terdapat di dalam suatu teknologi informasi.
Tidak dapat di pungkiri sekarang internet sudah
mengalami pergeseran kebutuhan di dalam masyarakat. Yang dahulu Internet
merupakan suatu kebutuhan pelengkap atau masih merupakan kebutuhan yang “mewah”
bagi sebagian masyarakat, sekarang menjadi suatu kebutuhan sekunder ataupun
kebutuhan primer. Karena sekarang kita dapat semakin mudah dan murah untuk
mendapatkan akses internet. Hal ini tidak lepas dari semakin berkembangnya
teknologi informasi.
Bisnis Internet (Noc datatrans)
Noc datatrans adalah salah satu produk layanan internet yang berupa paket yang meliputi layanan komunikasi dan internet on fiber high speed internet saja. pelayanan noc datatrans tidak sama dengan pelayanan internet lainya seperti indihome, first media dan lainya. pada perusahaan ini berfokus untuk menggandeng sejumlah perusahaan lain seperti pln, kementrian peindustrian, garena, jne, sctv dan masih banyak lagi.
cara noc datatrans mempromosikan produknya yaitu dari website, lalu dari orang ke orang hingga sampai ke perusahaan besar. tidak seperti indihome noc datatrans tidak terkenal oleh banyak orang disebabkan tidak mempromosikan produknya dengan iklan atau menyebarkan brosur atau open table. pada perusahaan ini lebih kebanyakan hanya dari orang ke orang saja.
harga yang ditawarkan berbeda beda tergantung jensi dan besarnya kecepatan perusahaan lain. untuk harga bisa dibilang bahwa cukup mahal dibanding yang lainya dikarenakan bisnis internet ini berfokus hanya melayani perusahaan saja tidak di perumahan seperti indihome.
Di perusahaan penyedia layanan internet seperti noc datatrans, telah menggunakan google maps untuk memantau secara langsung tempat survey costumer atau menandakan bts milik perusahaan. Bts adalah sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator. Tidak hanya menandakan bts saja tetapi bisa menghubungkan antara bts lainya di google maps secara simulasi. Lalu selain itu perusahaan tersebut menggunakan system voIP yang digunakan untuk menerima telfon dari costumer ataupun proses pemantauan jaringan dengan berkomunikasi ke pihak teknisi.
cara noc datatrans mempromosikan produknya yaitu dari website, lalu dari orang ke orang hingga sampai ke perusahaan besar. tidak seperti indihome noc datatrans tidak terkenal oleh banyak orang disebabkan tidak mempromosikan produknya dengan iklan atau menyebarkan brosur atau open table. pada perusahaan ini lebih kebanyakan hanya dari orang ke orang saja.
harga yang ditawarkan berbeda beda tergantung jensi dan besarnya kecepatan perusahaan lain. untuk harga bisa dibilang bahwa cukup mahal dibanding yang lainya dikarenakan bisnis internet ini berfokus hanya melayani perusahaan saja tidak di perumahan seperti indihome.
Di perusahaan penyedia layanan internet seperti noc datatrans, telah menggunakan google maps untuk memantau secara langsung tempat survey costumer atau menandakan bts milik perusahaan. Bts adalah sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator. Tidak hanya menandakan bts saja tetapi bisa menghubungkan antara bts lainya di google maps secara simulasi. Lalu selain itu perusahaan tersebut menggunakan system voIP yang digunakan untuk menerima telfon dari costumer ataupun proses pemantauan jaringan dengan berkomunikasi ke pihak teknisi.
perusahaan penyedia layanan internet semuanya
dilengkapi dengan kendali komputer. Sehingga jika ada costumer ingin memasang
atau pada jaringan costumer ada problem. Maka pihak teknisi harus membawa
perangkat seperti laptop, pengkabelan, antena dan lainya.
untuk melakukan pendaftaran atau calon pelanggan sama seperti perusahaan isp pada umumnya. Calon pelanggan menelpon
pihak sales untuk coba memasang layanan. Lalu sales akan memberi tahu ke pihak
pusat control jaringan (noc) lalu jika sudah maka ada penjadwalan untuk
melakukan survey ke tempat costumer. Untuk survey ke tempat costumer hal yang
dilakukan yaitu apa alat-alat yang diperlukan untuk tahap pemasangan jaringan,
lalu menentukan jarak apakah bts terdekat sampai di tempat lokasi. Jika sudah
terpenuhi maka akan melakukan tahap pemasangan jaringan ke esokan harinya.
Pada Teknik pemasangan berbeda-beda di setiap
costumer. Apabila pada lokasi costumer memiliki bts maka pemasangan dilakukan
dengan cara memanjat bts dan memasang antenna yang akan ditembak ke bts
terdekat. Pada saat memanjat, pihak teknisi saling berkomunikasi dengan pihak
pusat apakah jaringan sudah stabil atau belum. Untuk costumer yang tidak
memiliki bts, menggunakan tiang setinggi 5-10 meter dan dipasangkan antenna
setelah itu ditembak ke bts terdekat.
Pengamatan noc
datatrans
Kelebihan :
1. Adanya lingkungan kerja yang dinamis
sehingga bekerja tidak cepat bosan. Selain itu, disini juga mempunyai tempat kerja
yang kondusif dan nyaman untuk bekerja.
2. Kualitas perusahaan yang baik, dengan
banyaknya kerjasama yang dilakukan oleh datatrans dengan perusahaan lain
misalnya pln, kementrian peindustrian, garena, jne dan beberapa perusahaan
lainya.
3. memiliki sertifikat vrc yang digunakan untuk
membantu perusahaan memaksimalkan manfaat dari sistem manajemen mereka dan
melalui pengembangan terus-menerus dan ekspansi internasional.
4. kecepatan sangat stabil.
4. kecepatan sangat stabil.
Kekurangan :
1. Adanya sistem pinalti jika resign
sebelum masa kontrak habis.
2. Sistem Kepegawaian yang tidak
standar.
3. Dalam pencapaian jenjang karir harus
lebih bekerja keras dalam menyelesaikan pekerjaan.
4. harga terlalu mahal.
5. pemasangan pelayanan internet belum pasti bisa, karena harus disurvey apakah lokasi tersebut tercakup dengan bts.
4. harga terlalu mahal.
5. pemasangan pelayanan internet belum pasti bisa, karena harus disurvey apakah lokasi tersebut tercakup dengan bts.
Perkembangan
Bisnis
Perkembangan bisnis TI di Indonesia cukup drastis,
hal ini didukung dengan naiknya kebutuhan pada teknologi informasi, yang mana
pada sekarang ini hampir semua kegiatan dan pekerjaan kita menggunakan beberapa
hal dari dunia teknologi informasi. Perkembangan ini dapat dilihat dari
berbagai aspek, seperti dalam dunia bisnis. Bisnis dalam bidang informatika ini
memiliki peluang yang cukup baik dan cukup menjanjikan. Karena itulah banyak
orang yang mencoba untuk menggeluti bidang ini, seperti bisnis hardware,
software dan penyedia layanan konsultasi dan bisnis jual-beli online. Sekarang
ini banyak perusahaan yang melakukan bisnis online, seperti penjualan sepatu
dan baju (toko online), mainan, bahkan makanan juga bisa dipesan secara online.
Hal ini terjadi karena internet seperti yang kita ketahui dapat menembus batas
ruang dan waktu.
Oleh karena itu, kualitas sumber daya dan fasilitas
dalam bidang TIK harus selalu di tingkatkan untuk mendukung kegiatan bisnis
yang semakin maju dan mungkin akan semakin bertambah peminatnya. Dan kita harus
memperbesar porsi lokal dalam dunia bisnis teknologi informatika di Indonesia.
Perkembangan teknologi informasi dan komputer
menyebabkan perubahan kultur kita sehari-hari yang disebut dengan “information
age”. Media elektronik menjadi salah satu media andalan untuk melakukan
komunikasi dan bisnis. Meskipun penggunaan media elektronik ini belum
dimengerti, akan tetapi desakan bisnis menyebabkan para pelaku bisnis mau tidak
mau harus menggunakan media elektronik ini. Seperti yang kita tahu permasalahan
di dunia ini adalah “ruang dan waktu” oleh karena itu penerapan teknologi
informatika sangat dibutuhkan, maka dibutuhkan sebuah penerapan teknologi ini
untuk memecahkan masalah. Karena banyaknya permintaan dalam teknologi informasi
dan komputer di Indonesia dalam segala bidang maka munculah
perusahaan-perusahaan yang bergelut dalam bisnis informatika ini. Seperti
contohnya adalah penyedia layanan internet, software house, hosting, dll.
Perkembangan bisnis TI di Indonesia belakangan ini
terjadi peningkatan yang sangat pesat mengingat kebutuhan akan dalam bidang ini
sangatlah besar dari tahun ke tahun. Ini menjadikan bisnis informatika menjadi
salah satu bisnis yang mempunyai potensi yang cerah untuk kedepannya. Hal ini
juga harus didukung oleh sumber daya yang berkualitas, melihat kualitas
teknologi informasi dan komputer yang dituntut semakin baik setiap saatnya.
Saat ini dunia TI mengalami banyak perkembangan terutama dalam bidang bisnis.
Pada lingkungan bisnis, kehadiran teknologi informasi mulai disadari dapat
menghadirkan berbagai solusi yang dapat membantu proses bisnis yang ada dan
mengoptimalkan efesiensi bisnis berbasis teknologi informasi. Perkembangan
teknologi informasi telah berkembang luar biasa hebatnya baik dari sisi
perangkat keras, perangkat lunak, atau sumber daya manusia yang mendayagunakannya.
Sekarang TI banyak membantu kebutuhan seseorang dan
sudah banyak orang yang terbiasa dengan komputer, bahkan dengan internet. Dunia
bisnis tentunya banyak mengalami persaingan, sehingga membutuhkan semua
informasi yang aktual, cepat dan dapat dipercaya. Semua itu menggunakan
Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pergerakan bisnis yang semakin cepat
menuntut komunikasi (suara, data dan informasi) yang lebih lebih cepat guna
mempertahankan pelanggan, pemasok, bahkan dalam menghadapi persaingan.
Salah satu media
yang digunakan dalam mengembangkan bisnis di dunia Informatika adalah internet.
Internet adalah jaringan komputer tanpa mengenal batas jarak dan waktu yang
didalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis
hingga dinamis dan interaktif. Maka dari itu banyak orang bahkan perusahaan
memanfaatkan internet sebagai ladang bisnis, mulai dari menjual jasa, penjualan
dan pembelian produk bahkan pemasaran suatu produk perusahaan.
Dunia bisnis dibidang TI akan berkembang pesat dan
mengalami kemajuan dengan adanya media informasi dan perangkat teknologi yang
makin canggih Dari dunia Maya atau internet inilah lahir sebuah social media.
internet dan social media bisa menjadi alat bagi perusahaan untuk mengenal
pasar dan konsumennya. sekarang iklan standar yang ada di televisi , majalah,
atau radio tidak lagi menjadi referensi utama bagi orang–orang yang ingin
membeli sebuah produk. Social media seperti ( facebook, twitter , dll ) justru
menjadi alat promosi yang lebih efektif untuk melakukan promosi. kita ambil
contoh blog dan website jejaring social. kedua layanan ini bisa mempengaruhi
penilaian masyarakat terhadap sebuah produk. sebelum membeli laptop misalnya,
kita bisa googling dulu untuk mencari link – link yang berisi review – review
terhadapa produk laptop yang akan kita beli tersebut. Social media efektif
sebagai ajak untuk beriklan. Selain mampu menjangkau banyak audiens, iklan
social media jauh lebih diingat dan menimbulkan rasa penasaran banyak orang.
Sumber :
[1]http://tataanugra.blogspot.co.id/2014/10/pengantar-bisnis-informatika.html, Diakses pada tanggal 04 Oktober 2016.
[2]http://www.pengertianku.net/2014/10/mengenal-pengertian-tik-atau-teknologi-informasi-dan-komunikasi.html, Diakses pada tanggal 15 Oktober 2016.
[3]http://www.seputarpengetahuan.com/2015/02/10-pengertian-bisnis-menurut-para-ahli-secara-lengkap.html, Diakses pada tanggal 15 Oktober 2016.
[4]http://ilalmo.blogspot.co.id/2015/01/perkembangan-bisnis-ti-di-indonesia.html, Diakses pada tanggal 17 Oktober 2019.
[5]http://perkuliahan2016.blogspot.com/2016/03/sejarah-dan-perkembangan-bisnis.html, Diakses pada tanggal 17 Oktober 2019.
Sumber :
[1]http://tataanugra.blogspot.co.id/2014/10/pengantar-bisnis-informatika.html, Diakses pada tanggal 04 Oktober 2016.
[2]http://www.pengertianku.net/2014/10/mengenal-pengertian-tik-atau-teknologi-informasi-dan-komunikasi.html, Diakses pada tanggal 15 Oktober 2016.
[3]http://www.seputarpengetahuan.com/2015/02/10-pengertian-bisnis-menurut-para-ahli-secara-lengkap.html, Diakses pada tanggal 15 Oktober 2016.
[4]http://ilalmo.blogspot.co.id/2015/01/perkembangan-bisnis-ti-di-indonesia.html, Diakses pada tanggal 17 Oktober 2019.
[5]http://perkuliahan2016.blogspot.com/2016/03/sejarah-dan-perkembangan-bisnis.html, Diakses pada tanggal 17 Oktober 2019.
0 comments:
Post a Comment