Saturday, September 30, 2017

Penerapan Teknologi Internet dan New Media (SoftSkill)



hallo semua ๐Ÿ™‚ kali ini saya ingin membahas tentang penerapan teknologi internet dan new media yang sudah di alami di jaman sekarang. mungkin sebagian dari anda belom mengetahui apa itu new media ๐Ÿ˜€ okee semoga post ini akan membantu anda untuk mengetahuinya dengan paham.
untuk kata “New Media” sendiri jika kita artikan ke bahasa indonesia yaitu media baru. lalu maksud dari media baru di jaman sekarang itu apa? maksud dari media baru adalah suatu media, alat, atau sistem yang sudah tidak lagi layak di gunakan lalu  di perbarui dan dikembangkan agar media tersebut bisa merubah keadaan yang sebelumnya tidak efisien dalam melakukan suatu pekerjaan menjadi lebih efisien.
contohnya jaman sekarang kita tahu bahwa online shop sudah sangat banyak di layanan internet. jika kita ingin membeli tidak harus pergi ke tokonya untuk memberikan uang ๐Ÿ˜€ kita hanya cukup transfer uang dengan menggunakan mobile banking lohhh ๐Ÿ˜€ nahh pada suatu kegiatan tersebut kita sudah bisa membandingkan jika dulu kita mau membeli barang maka kita harus mencari tokonya atau mendatangi tokonya dan membawa uang untuk barang yang akan kita beli tersebut. tetapi media baru jaman sekarang kita tidak harus pergi untuk mendatangi tokonya langsung ๐Ÿ˜€ kita hanya perlu buka smartphone atau komputer dengan akses internet lalu kita pesan barang lalu tranfer uang dan kemudian barang itu akan dikirim beberapa hari kemudian :D.
untuk “New Media” menurut para ahli:
  1. Lev Manovich dalam bukunya The New Media Reader menjelaskan bahwa media baru adalah objek budaya dan paradigma baru dalam dunia media massa di tengah masyarakat. Dalam penyebarannya, digunakan teknologi komputer dan melalui data digital yang dikendalikan oleh aplikasi tertentu. Dengan kata lain, media baru adalah pembaruan pada model penyebaran informasi dengan memanfaatkan teknologi seperti perangkat lunak.
  2. Martin Lister dkk., dalam buku New Media: A Critical Introduction menyatakan bahwa media baru merupakan sebuah terminologi atau kata-kata khusus yang digunakan untuk menyebutkan sesuatu hal tentang perubahan skala besar dalam produksi media, distribusi media dan penggunaan media yang bersifat teknologis, harfiah, konvensional dan budaya.
untuk membuktikan bahwa media baru atau “New Media” berkembang dari masa ke masa berikut adalah contoh ulasan media penyimpanan dari masa ke masa.
Seiring perkembangan zaman, maka teknologi juga semakin maju dan berkembang. Hal ini berimbas pada media penyimpanan data yang terus berevolusi dari masa ke masa. Berikut akan jadiBerita bahas mengenai macam-macam media penyimpan data dari masa ke masa.

Punch Card




Punch Card (IBM)
Punch Card (IBM)

Punch card, kartu IBM, atau kartu Hollerith adalah selembar kertas kaku yang berisi baik perintah untuk mengendalikan mesin otomatis atau data untuk aplikasi pengolahan data. Kedua perintah dan data diwakili oleh ada atau tidak adanya lubang di posisi yang telah ditentukan. Media ini ditemukan pada tahun 1725 oleh Basile Bouchon dan terus digunakan hingga tahun 1970. Punch Card ini memiliki 90 kolom dan jumlah data yang bisa disimpan (kapasitas) di dalam media penyimpanan ini sangatlah kecil. Selain itu, fungsi utama media ini bukan untuk menyimpan informasi atau data untuk manusia, melainkan untuk menyimpan pengaturan (setting) untuk mesin yang berbeda.

Punch Tape




Punch Tape (Pingdom)
Punch Tape (Pingdom)

Orang pertama yang mengetahui penggunaan paper tape yang biasanya digunakan untuk mesin faksimili dan mesin telegram tahun 1846 ini bernama Alexander Bain.Setiap baris tape menampilkan satu karakter, tetapi karena kita bisa melipatnya dengan mudah maka media ini dapat menyimpan data lebih banyak daripada Punch Card.

Selectron Tube




Selectron Tube (Computerhistory)
Selectron Tube (Computerhistory)

Pada tahun 1946 RCA mulai mengembagkan Selectron Tube yang merupakan awal format memori komputer. Perangkat ini berukuran 10 inci dan dapat menyimpan data sebanyak 4096 bits. Tetapi harga satu buah Selectron Tube ini sangatlah mahal dan umurnya pun sangat pendek di pasaran.

Magnetic Tape




Magnetic Tape (Signaturegroup)
Magnetic Tape (Signaturegroup)

Media penyimpanan ini telah digunakan pertama kali oleh IBM untuk menyimpan data pada tahun 1950-an. Sebuah roll Magnetic Tape dapat menyimpan data setara dengan 10 ribu Punch Cards. Fenomena ini membuat Magnetic Tape menjadi sangat populer sebagai cara menyimpan suatu data komputer hingga pertengahan tahun 1980-an.

Compact Cassette




Compact Cassette (Pixabay)
Compact Cassette (Pixabay)

Compact Cassette ini merupakan salah satu bagian dari Magnetic Tape. Media penyimpanan ini dikenalkan oleh Philips pada tahun 1963, namun tidak sampai tahun 1970 menjadi populer. Komputer-komputer, seperti ZX Spectrum, Commodore 64 dan Amstrad CPC menggunakan Compact Cassette atau yang lebih sering disebut dengan kaset ini untuk menyimpan data.

Magnetic Drum




Magnetic Drum (Computerhistory)
Magnetic Drum (Computerhistory)

Magnetic Drum memiliki panjang 16 inch yang bekerja 12.500 putaran per menit (12.500 RPM). Media penyimpanan jenis ini digunakan sekitar tahun 1950an sampai 1960an. Media ini digunakan untuk menunjang komputer IBM 650, yang dilengkapi sekitar 10.000 karakter dari memori utama.

Disket




Disket (Liputan6)
Disket (Liputan6)

Disket ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1969. Saat itu media ini hanya bisa membaca saja atau istilahnya adalah read only. Maksudnya adalah, ketika data tersimpan, data tidak lagi bisa dimodifikasi ataupun dihapus dari dalam Floppy Disk ini. Ukuran media ini hanya sektar 8 inch dan hanya dapat menyimpan data sekitar 80 Kb. 4 tahun kemudian, Floppy Disk yang baru muncul dan dapat menyimpan data sebanyak 256 Kb.

Zip Disk




Zip Disk (Azdigitaltransfers)
Zip Disk (Azdigitaltransfers)

Zip Disk adalah contoh alternatif penyimpan disket yang berkapasitas lebih besar. Diproduksi oleh Iomega Corp., Zip Disk adalah disk berlapis magnetik berkualitas tinggi yang memiliki kapasitas sebesar 100, 250 bahkan 750 Megabyte. Untuk ukuran 100 Megabyte saja, kapasitasnya telah melampaui 70 kali kapasitas disket biasa.

Hard Drive




Hard Drive (Purwadhikapress)
Hard Drive (Purwadhikapress)

Ini merupakan Hard Disk Drive yang pertama kali dibuat. Hard Drive pertama kali dibuat dan diproduksi oleh perusahaan IBM pada tahun 1956 yang kemudian disebut sebagai HDD Generasi pertama. HDD pertama ini ditemukan dan diciptakan oleh Reynold Johnson. HDD ini berlabel RAMAC 305 yang mempunyai kapasitas 5 Mega Bits atau 5.000.000 bits dan berukuran 24 inch dan menggunakkan single head dalam pengaksesannya.

Hard Disk




Hard Disk (Engadget)
Hard Disk (Engadget)

Hard drive pertama yang berkapasitas 500 Gb adalah Hitachi Dekstar 7K. 1 Hard Drive Hitachi ini setara dengan 120.000 Hard Drive pertama di dunia dari IBM 305 RAMA. Media ini menjadi terkenal karena harganya yang lebih murah serta kapasitasnya yang menjauhi Hard Drive pertama milik IBM. Selain itu proses menyimpan datanya jugaa relatif cepat.

Laser Disk




Laser Disk dan CD (Wikipedia)
Laser Disk dan CD (Wikipedia)

Tahun 1958, media lain bernama Laser Disk berhasil ditemukan, dan pada tahun 1972 untuk pertama kalinya video disk didemonstrasikan kepada publik. 6 tahun kemudian, sekitar tahun 1978, media ini telah tersedia di pasaran. Hal yang tidak mungkin manusia simpan pada tahun sebelumnya dapat di simpan di media penyimpanan ini.

CD, DVD, HD-DVD Dan Blu-Ray




CD (Gizmodo)
CD (Gizmodo)

Perkembangan lebih lanjut dari Laser Disk adalah Compact Disk. Media penyimpanan ini muncul pada tahun 1979 hasil kerja sama Philips dengan Sony. Ukuran Compact Disk ini lebih kecil dibandingkan Laser Disk. Penjualan Compact Disk ini pun mulai meledak di pasaran pada tahun 1982. Kemudian CD ini terus berevolusi menjadi DVD, HD-DVD dan Blu-Ray, yang tentunya memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar, namun bentuknya tidak berubah.

Memory Card




Memory Card (Wikipedia)
Memory Card (Wikipedia)

Memory Card pertama kali dikeluarkan sekitar tahun 1990-an. Memory Card mengalami evolusi yang cukup besar juga dari segi ukuran dan besar data penyimpanan. Media ini biasanya dipakai pada device atau alat elektronik yang bersifat praktis atau portable seperti ponsel atau kamera. Perkembangan memory ini juga mempelopori keluarnya Flashdisk.

USB Flash Drive




USB Flash Drive (Yankodesign)
USB Flash Drive (Yankodesign)

Pada tahun 1999, Amir Ban, Dov Moran dan Oron Ogdan menemukan sistem penyimanan data terbaru, USB Flash Drive atau biasa kita sebut Flashdisk. Tidak seperti memory card yang sering digunakan pada media elektronik portable, media ini biasanya digunakan untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya atau untuk menyimpan data komputer sebagai backup (cadangan). Perkembangan USB ini mengalami perubahan pesat. Dari kapasitasnya yang dulu hanya sampai beberapa Megabyte saja, sekarang ini media USB Flash Drive dapat menyimpan sampai 16 GB.

External Hard Disk




External Hard Disk (Diskdoctors)
External Hard Disk (Diskdoctors)

Fungsi dari External Hard Disk ini sama seperti Hard Disk biasa. Bedanya, media ini bisa dibawa kemana-mana tanpa harus membongkar komputer kamu. Biasanya media ini juga digunakan sebagai media penyimpan data cadangan, sama seperti flashdisk. Kapasitas tertinggi untuk media ini telah mencapai 2TB.

SSD (Solid State Drive)




SSD (Pcworld)
SSD (Pcworld)

Nama SSD (Solid State Drive) mungkin sudah mulai sering terdengar di telinga kita, apalagi kehadiran platform Ultrabook yang kian populer turut mendongkrak popularitas SSD sebagai media penyimpanan. SSD sendiri adalah media penyimpanan berbasis chip Flash yang berjenis Non Volatile Memory. Non Volatile Memory memungkinkan data yang tersimpan di SSD tidak hilang meski aliran listrik terputus. Sedangkan yang berjenis Violatile akan kehilangan data ketika aliran listrik terputus, seperti memory RAM (Random Access Memory).

Cloud Storage




Cloud Storage (Socialpositives)
Cloud Storage (Socialpositives)

Cloud Storage adalah media penyimpanan online, dimana kamu dapat menyimpan data pada server virtual yang tersedia. Dengan adanya Cloud Storage, kamu tidak perlu lagi menyimpan data Anda pada hard drive, CD, ataupun hardware lainnya. Namun untuk bisa menggunakannya kamu memerlukan koneksi internet. (tom)
dari ulasan di atas terbukti bahwa New Media sangat berkembang dari masa ke masa dan semankin canggih. pada media baru tersebut mempunyai kekurangan dan kelebihanya, misalkan saya akan bahas ssd yang lagi hitz di jaman sekarang :D.
  • SSD
Kelebihan:
Performa menjadi keuntungan yang paling utama dari sebuah SSD. Seperti telah disebutkan di atas, dalam SSD tidak ada satupun komponen yang berputar ataupun mengalami perpindahan. Jadi, perangkat ini sepenuhnya elektronik. Dengan tidak adanya pergerakan manual, kecepatan untuk menulis serta membaca data naik secara drastis.
Sebagai contoh, jika Anda menggunakan hardisk biasa Anda membutuhkan waktu booting sampai benar-benar masuk ke dalam sistem komputer sekitar 8-10 menit, pada SSD hanya dibutuhkan waktu 2 sampai maksimal 5 menit saja.
Belum lagi jika digunakan dalam menjalankan aplikasi atau game-game yang membutuhkan pembacaan data yang besar dan cepat, SSD tentu saja akan meminimalisir terjadinya lompatan frame yang biasanya terjadi pada hardisk biasa.
kekurangan:
Sebagai sebuah teknologi yang terbilang baru, tentunya harga yang dipatok untuk perangkat yang satu ini pun masih cukup tinggi. Di pasaran, sebuah SSD yang memiliki kapasitas 128GB sebanding dengan harga hardisk 1TB (terabyte). Tak heran jika laptop atau ultrabook yang sudah menggunakan fasilitas media penyimpanan SSD rata-rata mencapai angka belasan hingga puluhan juta Rupiah.

mungkin anda berfikir” jika jaman sekarang saja teknologi sudah teramat canggih, lalu bagaimana 10 atau 20 tahun kedepanya nanti? ๐Ÿ˜€ *sama saya juga wkwkwkwk
jika kalian penasaran apa saja sih teknologi canggih yang akan berkembang di masa yang akan datang? berikut ulasanya ๐Ÿ˜€

Jepang Akan Membangun Basis Robot di Bulan

basis robot di bulan
Tidak ada alasan teknologi mengapa Jepang tidak dapat bergerak untuk maju dengan rencana ambisiusnya untuk membangun sebuah pos penjelajahan robot pada tahun 2020. Jepang saat ini sudah mempunyai teknologi canggih yang siap untuk menopang kebutuhan rencana ini.
Lebih hebatnya lagi, pembangunan basis robot ini semua dilakukan oleh tangan tangan robot yang diberangkatkan dari bumi. Jadi tidak ada sentuhan tangan manusia secara langsung dalam pembuatannya, manusia hanya mengontrol dari bumi saja. Semua ini jepang bisa lakukan mengingat jepang mema sudah terkenal dengan teknologi robotnya yang maju

China Akan Membangun Rel Kereta Cepat Beijing – London

kereta cepat beijing - londin

China memang saat ini memiliki kemajuan teknologi dan ekonomi yang sangat pesat, dengan itu China dirasa sudah bisa membangun teknologi ini.
Rencana China ini ialah akan membangun rel kereta berkecepatan tinggi yang dapat menghubungkan dunia timur dan dunia barat dengan memakan waktu yang sedikit.

Mobil Tanpa Kemudi Akan Berlalu lalang di Jalanan

mobil tanpa kemudi

Saat ini perusahaan perusahaan besar telah banyak ikut beserta dalam membangun teknologi mobil otomatis, seperti uber dan google yang sudah menginvestasikan uangnya untuk membangun teknologi ini.
Pada saat ini mungkin sudah tercipta mobil otomatis, namun pada kenyataannya mobil tersebut masih belum bisa di pasarkan secara global, mengingat tingkat keselamatan dan juga infrastruktur untuk mobil otomatis ini belum maksimal. Diharapkan pada tahun 2020 semua kendala ini akan bisa teratasi dan mobil otomatis akan berjalan bebas di jalanan.

Mobil Terbang Akan Mengudara

mobil terbang masa depan

Seperti mobil otomatis, mobil terbang saat ini sudah banyak perusahaan yang menginvestasikan uangnya untuk menciptakan teknologi ini. Bahkan pada saat ini mobil terbang sudah berhasil diciptakan oleh beberapa perusahaan teknologi. Namun pada kenyataan mobil terbang masih belum layak digunakan mengingat hal keselamatan untuk penumpang dan juga infrastruktur yang belum memadai. Diharapkan mobil ini akan bisa mengudara bebas pada tahun 2020.

Otak Manusia Akan diberikan Chip

chip di otak manusia

Mendengar kata Chip mungkin kita saat ini familiar dengan benda benda elektronik, namun apa jadinya jika chip ditanam di otak manusia? Chip tersebut nantinya akan ditanam diotak manusia yang bisa digunakan untuk mengontrol benda benda elektronik. Jadi kita tidak perlu melakukan suatu gerakan fisik untuk dapat menghidupkan atau mematikan tv, kita cukup melakukan hal itu dengan menggunakan pikiran karena otak kita sudah tertanam Chip.

Manusia Akan Menambang Bulan atau Asteroid

manusia akan menambang di bulan


Ketika cadangan mineral yang ada dibumi sudah habis tentu manusia harus mencari sumber daya dari luar planet bumi mengingat manusia tidak bisa lepas dengan sumber daya alam. Untuk dapat mengatasi permasalahaan ini, diprediksi beberpa tahun kedepan manusia akan mencoba untuk bisa dapat menambang sesuatu benda yang berada diluar angkasa.

Wisata Keluar Angkasa

wisata keluar angkasa

Saat ini perjalanan keluar angkasa hanya digunakan untuk penelitian saja, namun apa jadinya jika perjalanan keluar angkasa dintunjukan untuk melakukan wisata. Pada tahun 2020 wisata keluar angkasa akan tercipta.
Beberapa perusahaan sperti Spaxe X, Blue Origin dan juga Virgin Galatic sudah ikut melakukan investasi dalam mengembangkan rencana ini. Bahkan saat ini beberapa perusahaan tersebut sudah berhasil melakukan uji coba.

Komputer Akan Mempunyai Otak Seperti Manusia

smart komputer

Banyak komputer canggih pada saat ini, namun kecanggihan tersebut masih belu mbisa mengalahkan otak manusia. Selain itu komputer pada saat ini masih belum bisa digunakan tanpa adanya manusia. Tahun 2020 akan tercipta teknologi dimana komputer sudah mempunya kesetaraan dengan otak manusia, komputer dapat melakukan berbagai macam hal tanpa bantuan manusia.
nahh prediksi tersebut belum sepenuhnya akan terjadi ya ๐Ÿ˜€ namanya juga prediksi bisa terjadi atau tidak hehehe.
untuk new media sangat erat hubunganya dengan internet ๐Ÿ™‚ seperti kita lihat saat-saat ini contohnya smartphone kita menggunakan internet, mau jalan bareng pacar gatau jalan pake internet ๐Ÿ˜€ mau belanja online pake internet. mungkin jaman sekarang bisa dibilang tanpa internet hidup kita jadi hampa :’3. tetapi apakah anda sudah tau sejarah dari internet itu sendiri??? mari kita bahas bersama ๐Ÿ™‚


SEJARAH INTERNET

merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
penerapan internet di bagi menjadi 3 yaitu:
  1. internet
  2. intranet
  3. ekstranet
berikut pembahasan manfaat dari masing-masing penerapannya
Manfaat internet
Manfaat Internet telah dirasakan diberbagai bidang kehidupan dan digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, lembaga militer, dan lain-lain.
Beberapa manfaat internet di berbagai bidang adalah :
1. Manfaat internet dalam bidang pendidikan, internet memungkinkan para pelajar dan mahasiswa serta orang-orang yang terlibat dalam pendidikan untuk mendapatkan banyak referensi keilmuan dari perpustakaan maya (Library Online) yang ada di internet dan sebagai media pembelajaran secara online, misalnya belajar jarak jauh dengan menggunakan Teleconference Internet (e-learning).
2. Manfaat Internet dalam Bidang Ekonomi dan Bisnis,sering disebut e-commerce. Dengan adanya e-commerce, kegiatan perdagangan, jual beli, promosi, dan lain sebagainya dapat dilakukan lewat internet tanpa harus berpergian.
3.  Manfaat Internet dalam Bidang Pemerintahan, internet hadir dengan istilah e-government. Dengan adanya e-government, pemerintah dapat dengan mudah memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat secara maksimal dan juga dapat dipergunakan untuk saling mempererat hubungan pemerintahan antar suatu negara.
4.  Manfaat Internet dalam Bidang Sosial, internet dapat dipergunakan untuk memberikan informasi mengenai berbagai macam kegiatan sosial yang telah, sedang atau akan dilaksanakan dan juga dapat digunakan untuk membantu penggalangan dana kegiatan sosial.
5.  Manfaat Internet dalam Bidang Keagamaan, Internet dapat digunakan untuk sarana diskusi, konsultasi, tanya jawab masalah agama, berbagi ilmu agama.
Manfaat Intranet
Dasarnya perangkat lunak aplikasi yang digunakan di Intranet tidak berbeda jauh dengan yang digunakan di Internet. Di Intranet digunakan Web, e-mail dll. persis seperti yang digunakan di Intranet. WARNET sebetulnya intranet yang sangat sederhana sekali, kebetulan tidak ada konten yang khusus yang internal di warnet.  Web dengan perangkat database di belakangnya, biasanya merupakan alat bantu paling potensial untuk melakukan 2 hal utama yaitu:
1. Membuat perusahaan / institusi menjadi semakin effisien, pendekatan yang dilakukan disini biasanya membuat sistem informasi manajemen yang berbasis web & database. Jika MIS / ERP perusahaan telah ditata dengan baik langkah selanjutnya mengarah ke e-commerce (dagang melalui Internet). Perlu dicatat bahwa sebaiknya jangan masuk terlalu jauh ke e-commerce jika sistem back office MIS / ERP perusahaan itu belum siap, karena akan tampak sekali cacatnya.
2. Membuat perusahaan / institusi menjadi semakin kompetitif di dunia-nya. Bahkan jika mungkin menjadi pemimpin dalam usahanya. Membuat sebuah badan menjadi kompetitif hanya mungkin dilakukan jika dapat mengolah secara baik sumber daya manusia & sumber daya pengetahuan yang ada di internal badan / perusahaan tersebut. Masih jarang ahli di Indonesia yang menguasai teknik tsb, sebetulnya yang paling baik proses penguasaan teknik ini adalah para pustakawan.
Ekstranet
Jadi, ekstranet merupakan perluasan dari jaringan intranet yang biasanya menghubungkan jaringan satu jaringan lokal dengan jaringan lokal lainnya. Ekstranet memiliki security yang lebih aman dibandingakan dengan internet.
jadi internet sangat di perlukan dalam kehidupan, semua yang kita lakukan untuk memenuhi hari-hari di jaman sekarang ini internet sudah melekat dan tidak bisa di tinggalkan :’3

lalu apa saja penerapan internet dalam new media?
tentunya jaman sekarang sudah banyak sekali, contohnya media sosial seperti facebook, twitter, instagram kalau untuk video conference contohnya yang sering kita dengar skype, lalu media hiburan game di playstore, nonton channel pada youtube lalu pada bagian pembelajaran seperti contohnya Ebook, lalu di perbankan atau financial kita tidak perlu ke atm untuk mentransfer cukup buka smartphone kita yang mempunyai akses internet lalu install aplikasi bank untuk mentransfer uang atau mengecek saldo :).
sekian banyaknya penerapan new media dalam internet tentunya ada kelebihan maupun kekuranganya loh ๐Ÿ™‚  contohnya saja media sosial.
Kelebihan jejaring sosial :
  1. bisa menjalin silaturahmi sesama teman kita dimana saja tanpa harus bertatap muka
  2. bisa mendapatkan banyak temen dari mana saja
  3. terkadang dengan jejaring sosial, kita bisa bertemu dengan teman lama yang sudah lama tidak pernah ketemu.
  4. Kita bisa menambah ilmu pengetahuan, misalnya (kita bisa mendesign – design layout dari jejaring social kita atau bisa membuat aplikasi dan kemudian di share ke teman-teman kalian lewat jejaring social).
  5. lebih cepat mendapatkan informasi, terutama apabila anda mempunyai account twitter. karena account tersebut lebih mudah untuk menyampaikan informasi yang sedang in (terbaru).
  6. Dapat di gunakan ajang promosi bagi band-band atau artis dalam memprosikan album atau film mereka.
Kekurangan jejaring sosial :
  1. Sering di salah gunakan oleh oknum-oknum yang tidak benar untuk melakukan tindakan kriminal.(misalnya : di gunakan untuk ajang penipuan berkedok pertemanan , kemudian setelah sudah kemakan hasutan pelaku. orang tersebut bisa di jual jadi PSK atau di culik.
  2. Banyak sekali account account palsu yang mengaku dirinya seorang artis. dan terkadang itu bisa di jadikan salah satu objek perusakan nama baik seseorang.
  3. Terkadang jejaring social sering menyebabkan virus-virus yang dapat merusak komputer.
mungkin dari 3 kekurangan untuk jejaring sosial masih banyak lagi kekuranganya. untuk mencegah nya saran saya sih jangan terlalu mengepostkan diri ๐Ÿ™‚ jangan terlalu terbuka dalam masalah pribadi karna jika kalian punya masalah dengan seseorang, kemudian seseorang tersebut mencari-cari kesalahan lewat akun media sosial anda, anda akan terjebak dan akan menjadi masalah yang besar :)….
mungkin sampai disini saja pembahasan tentang penerapan teknologi internet dan new media ๐Ÿ˜€ Terima kasihhhhh

Sumber:

Share:

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Welcome To My blog | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com