Assalamualaikum
teman teman apa kabar? pada artikel ini saya akan membahas tentang penerapan
prinsip manajemen waktu.
Memanajemen waktu itu
sangat penting bagi kita terutama bagi mahasiswa. Management waktu atau bisa
dibilang time management dalam bahasa inggris yang dimana pengertianya adalah
suatu kemampuan untuk merencanakan atau mengatur waktu yang akan kita pakai
atau dihabiskan untuk bisa kita lakukan dengan berbagai kegiatan agar
mendapatkan efektif dalam mencapai tujuan. Dalam mengerjakan tugas perkuliahan
tentunya manajemen waktu juga merupakan suatu hal yang sangat di haruskan.
Karena jika kita memanajemen waktu maka kita akan dapat menentukan kapan suatu
tugas perkuliahan akan dimulai dan kapan tugas akan diselesaikan.
Jika kita dapat
memanajemen waktu kita mendapat keuntungan sendiri yaitu tercapainya
produktivitas kita dan mendapatkan efisiensi yang jauh lebih tinggi. Kemudian
memiliki skill professional yang sangat besar. Lalu tekanan atau stress karena
pikiran tugas atau apapun yang tertumpuk sehingga tidak dapat diselesaikan akan
berkurang. Dan kita juga mendapatkan kesempatan karir atau pekerjaan yang jauh
lebih baik.
Untuk mendapat
keuntungan seperti yang sudah dijelaskan, tentunya manajemen waktu harus
berjalan dengan baik. Bagaimana jika manajemen waktu tidak berjalan dengan
mulus? Tentunya kita akan mendapatkan dampak buruk bila manajemen waktu kita
gagal. Apa saja sih dampak buruk nya? Dampak buruknya yaitu kita akan
mendapatkan suatu reputasi professional yang negatif, kita akan melewati suatu
batas waktu pengerjaan tugas atau bisa dibilang deadlines. Kemudian kualitas
kerja kita akan menjadi buruk. Lalu kita akan mengalami ketidakseimbangan dalam
kehidupan kita. Lalu kesempatan karir juga akan menurun.
Untuk memanajemen
waktu ada beberapa tips untuk kalian jika ingin mencoba memanajemen waktu yaitu
kita harus memiliki tujuan terlebih dahulu, jika tidak memiliki tujuan maka
manajemen waktu terasa tidak teratur. Kemudian membuat skala prioritas. Kita
harus mengetahui mana tugas atau urusan yang harus jadi prioritas utama yang
akan diselesaikan, kemudian tidak hanya menentukan saja kita juga harus kuat
dan berani mengatakan tidak untuk mendapatkan tugas yang bukan prioritas.
Setelah menentukan prioritas, kita harus selesaikan dan jangan menunda nunda
pekerjaan atau tugas tersebut.
0 comments:
Post a Comment