Tuesday, November 19, 2019

Menerapkan Prinsip Manajemen Waktu


Assalamualaikum teman teman apa kabar? pada artikel ini saya akan membahas tentang penerapan prinsip manajemen waktu.

Memanajemen waktu itu sangat penting bagi kita terutama bagi mahasiswa. Management waktu atau bisa dibilang time management dalam bahasa inggris yang dimana pengertianya adalah suatu kemampuan untuk merencanakan atau mengatur waktu yang akan kita pakai atau dihabiskan untuk bisa kita lakukan dengan berbagai kegiatan agar mendapatkan efektif dalam mencapai tujuan. Dalam mengerjakan tugas perkuliahan tentunya manajemen waktu juga merupakan suatu hal yang sangat di haruskan. Karena jika kita memanajemen waktu maka kita akan dapat menentukan kapan suatu tugas perkuliahan akan dimulai dan kapan tugas akan diselesaikan.

Jika kita dapat memanajemen waktu kita mendapat keuntungan sendiri yaitu tercapainya produktivitas kita dan mendapatkan efisiensi yang jauh lebih tinggi. Kemudian memiliki skill professional yang sangat besar. Lalu tekanan atau stress karena pikiran tugas atau apapun yang tertumpuk sehingga tidak dapat diselesaikan akan berkurang. Dan kita juga mendapatkan kesempatan karir atau pekerjaan yang jauh lebih baik.

Untuk mendapat keuntungan seperti yang sudah dijelaskan, tentunya manajemen waktu harus berjalan dengan baik. Bagaimana jika manajemen waktu tidak berjalan dengan mulus? Tentunya kita akan mendapatkan dampak buruk bila manajemen waktu kita gagal. Apa saja sih dampak buruk nya? Dampak buruknya yaitu kita akan mendapatkan suatu reputasi professional yang negatif, kita akan melewati suatu batas waktu pengerjaan tugas atau bisa dibilang deadlines. Kemudian kualitas kerja kita akan menjadi buruk. Lalu kita akan mengalami ketidakseimbangan dalam kehidupan kita. Lalu kesempatan karir juga akan menurun.

Untuk memanajemen waktu ada beberapa tips untuk kalian jika ingin mencoba memanajemen waktu yaitu kita harus memiliki tujuan terlebih dahulu, jika tidak memiliki tujuan maka manajemen waktu terasa tidak teratur. Kemudian membuat skala prioritas. Kita harus mengetahui mana tugas atau urusan yang harus jadi prioritas utama yang akan diselesaikan, kemudian tidak hanya menentukan saja kita juga harus kuat dan berani mengatakan tidak untuk mendapatkan tugas yang bukan prioritas. Setelah menentukan prioritas, kita harus selesaikan dan jangan menunda nunda pekerjaan atau tugas tersebut.



Share:

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Welcome To My blog | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com