Tuesday, January 7, 2020

Sikap tenggang rasa terhadap teman


Assalamualaikum teman teman apa kabar? pada artikel ini saya akan membahas tentang sikap tenggang rasa diantara teman.
Sebelum masuk kepembahasan kita harus mengetahui dahulu apa itu teggang rasa. Tenggang rasa adalah nilai etika yang budi pekerti baik yang dilakukan oleh seseorang dengan melalui ucapanya, perbuatanya, atau tingkah lakunya dengan segenap penghargaan atas orang yang di sekelilingnya tanpa ada pilih kasih. Definisi tersebut didapatkan berdasarkan tenggang rasa menjadi bagian daripada pengertian etika dan norma yang dilakukan oleh seseorang dalam masyarakat khususnya untuk perwujudan perilaku keseharian dengan mengedepankan asas-asas kemanusiaan.
Perlu disadari bahwa setiap orang mempunyai hak dan kewajiban asasi yang sama. Oleh karena itu kita harus bertenggang rasa terhadap orang lain agar mereka mendapatkan kesempatan menerima hak-haknya dan melaksanakan kewajibannya dengan sedang baik-baiknya. Kita wajib menjaga dan menghormati hak dan kewajiban orang lain agar hak dan kewajiban kita juga dihormati oleh orang lain.
Lalu bagaimana cara nya untuk mencoba atau mengimplementasikan sikap tenggang rasa itu? Untuk mengimplementasikan nya bisa dimulai dari lingkungan keluarga terlebih dahulu, lalu teman di kapus dan masyarakat. Mengapa diutamakan di lingkungan keluarga? Karena lingkungan keluarga merupakan wadah Pendidikan awal bagi kita karena pertama kalinya kita lahir di dunia dan mengenal dunia berawal dari keluarga sendiri.
Untuk sikap tenggang kepada keluarga contohnya yaitu berprilaku sopan santun terhadap kedua orang tua kita. Mendengarkan semua nasehat kedua orang tua.
Untuk sikap tenggang kepada teman contohnya yaitu jangan membeda bedakan teman dalam hal kepercayaan beragama. Saling menghargai atas perbedaan kepercayaan mereka. Bergaul ke semua teman dan tidak saling menjauhi karena perbedaan berpendapat.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Welcome To My blog | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com